Ada pertanyaan ?

Apa saja yang akan saya dapatkan dari mengikuti program SMK Coding ini?

Kamu akan mendapatkan pembekalan kemampuan teknis (hard skill) dan kemampuan pengembangan diri (soft skill) sebagai persiapan karier sesuai yang ada dalam silabus program, dan sertifikat kelulusan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tak hanya itu, setelah lulus dari program ini, kamu pun akan memiliki satu halaman profil pribadimu di website SMK Coding. Dengan adanya halaman profil tersebut kamu akan memiliki kesempatan lebih besar untuk dilirik langsung oleh para perusahaan dan instansi pemerintah yang mencari developer lulusan dari program SMK Coding. Jadi, pastikan kamu nantinya mengisi profil pribadimu selengkap mungkin, ya!

Kamu akan mempelajari kemampuan teknis yang banyak dibutuhkan industri saat ini, yaitu Android, Firebase, Internet of Things (IoT).

Tak hanya itu, kamu pun akan dibekali kemampuan dasar dalam membangun karier di industri digital, seperti:

  • Public Speaking
  • Pengenalan coworking space
  • Pengenalan startup digital
  • Meetup dengan stakeholder (perusahaan, badan pemerintahan, startup)

Selengkapnya, dapat dipelajari di sini.

Tidak ada ujian dalam program SMK Coding. Untuk menentukan lulus atau tidaknya peserta, program SMK Coding melihat dari kemampuan peserta dalam membuat project berupa aplikasi Android. Project tersebut dibuat selama pembelajaran mingguan berlangsung. Jadi, ilmu yang kamu pelajari di kelas langsung kamu implementasikan dalam project-mu.

Nantinya, dalam wisuda kelulusan program SMK Coding, kamu dan seluruh peserta akan dipertemukan dengan perusahaan dan instansi yang mencari tenaga kerja developer. Jadi, pastikan kamu menyempurnakan project aplikasi buatanmu untuk ditunjukkan pada mereka! Perlu kamu ketahui, dalam dunia digital, yang lebih dinilai adalah portofolio project-mu daripada sertifikat yang kamu punya. Karena dengan melihat project-mu, secara langsung, mereka dapat menilai kemampuanmu.

Para pengajar topik Android, Firebase, dan IoT merupakan para developer yang sudah berpengalaman berkecimpung di industri digital dan juga mereka yang tergabung dalam komunitas developer di kotamu. Sedangkan pengajar di bagian pelatihan persiapan karier adalah para praktisi dari perusahaan penyedia tenaga kerja di bidang IT, para pelaku industri digital, motivator, dan juga pelatih public speaking.

Pelatihan akan berlangsung selama 10 sesi, setiap Sabtu dan Minggu. Per sesi akan berlangsung selama 6 jam dengan 1 kali waktu istirahat.

Kegiatan diselenggarakan di sekolah masing-masing atau di lokasi yang disetujui bersama oleh penyelenggara SMK Coding.

Untuk mendaftar, isilah form registrasi di sini. Dalam form bagian pertanyaan asal sekolah, jika kamu tidak menemukan nama sekolahmu dalam pilihan opsi, silakan klik opsi “sekolah saya belum terdaftar”.

Selanjutnya, kamu akan mengikuti tes saringan masuk. Informasi perihal waktu dan tempat pelaksanaan tes yang diselenggarakan oleh penyelenggara SMK Coding bersama dengan sekolahmu akan diinformasikan via email.

Jika belum lolos, kamu dapat mengerjakan kembali tes saringan masuk pada saat pembukaan kuota untuk batch selanjutnya.

Untuk mengikuti tes saringan masuk, kamu harus untuk melakukan registrasi online di sini.

Dalam tes saringan masuk kamu akan diberikan soal-soal logika yang harus kamu kerjakan dalam waktu 30 (tiga puluh) menit, di mana kamu harus menyelesaikan semua soal yang mampu kamu kerjakan dalam kurun waktu yang telah disediakan.

Jika punya, silakan dibawa. Adapun, spek minimal yang dibutuhkan untuk pelatihan adalah komputer/laptop dengan processor i5 dan RAM 8 GB.

Untuk sekolahmu dapat terdaftar, isilah form registrasi sekolah di sini.

Dalam form, ada isian untuk melampirkan dokumen permohonan dari sekolah untuk ikut serta dalam program SMK Coding. Tujuan dari adanya form tersebut adalah untuk memastikan komitmen dari sekolahmu dalam keikutsertaannya dalam program ini. Kemudian, penyelenggara SMK Coding akan menghubungi sekolah kamu untuk langkah selanjutnya.

  • Lulusan SMK Coding dapat termonitor untuk diketahui dimana dia bekerja atau berkecimpung dalam project apa.
  • Para lulusan akan dibuatkan account di smkcoding.id agar dapat melakukan update profile di dashboard masing - masing.
  • Para alumni terdaftar menjadi anggota website SMKcoding yang kedepannya menjadi market untuk startup/perusahaan/pemerintah untuk mencari developer khusus lulusan smk.